Senin, 05 September 2011

MATIUS 7 : 21-23

Tulisan ini diilhami saat saya mendengar sebuah kotbah belum lama ini..ayat ini sebenarnya saya sering baca, sudah mengerti dan sering mengkhotbahkannya...tetapi entah kenapa saat hamba Tuhan itu berbicara tentang ayat ini kembali..seperti ada sesuatu yang " kembali mengena" di hati ini..
Jika kita lihat, betapa kerasnya teguran Tuhan buat orang-orang Kristen bahkan hamba-hamba Tuhan di ayat ayat ini. bahkan dikatakan pada akhirnya bahwa mereka tidak bisa masuk Kerajaan Sorga..kenapa hal ini bisa terjadi..? Kita lihat penyebabnya :

1.(ayat 21). Tidak melakukan kehendakNya.
Banyak dari kita tidak mengerti bagaimana melakukan kehendakNya, kita hanya berpikir bahwa hanya berbuat baik saja kita melakukan kehendakNya, itu ada benarnya, tetapi yang lebih esensial/utama dari melakukan kehendakNya adalah bagaimana kita kenal APA YANG DIA SUKA, APA YANG MENJADI HASRAT-NYA..itulah yang kita buat dan kerjakan..dan bukan asal-asalan melakukan sesuatu bahkan itu bernama PELAYANAN buat DIa..Kata Kehendak/ Will di ayat ini dr kata Yunani : thelēma..yang mengartikan bahwa ada hasrat,kesenangan dalam kata Kehendak/Will itu. Sebagai contoh, jika kita lakukan sesuatu kepada seseorang..tentunya bukan hanya yang dia minta yang kita lakukan( misalkan dia boss atau pemimpin kita) kita tidak bisa seenaknya melakukan tanpa membuat persis seperti yang diaperintahkan..atau juga saat kita mau memberi sesuatu kepada seseorang, kita harus mengerti HAL-HAL APA YANG ORANG ITU SENANGI ..jika orang itu berulangtahun dan kita memberinya hadiah sebuah baju batik tetapi sebenarnya orang itu tidak menyukai batik..percayalah baju pemberian saudara tidak atau jarang dipakainya..Apalagi MELAKUKAN SESUATU BAGI TUHAN..kita harus kenali KESUKAAN-NYA, HASRAT-NYA..jika Dia suka untuk melayani orang miskin seharusnyalah kita punya hati yang sama dengan Tuhan dan mau lakukan pelayanan itu bukan untuk kita tapi HANYA UNTUK DIA.

2.(ayat 22) Pelayanan bukanlah segalanya.
Jika kita mengerti point pertama diatas, kita pasti menyadari bahwa pelayanan kita bukanlah segalanya dihadapan Tuhan..bahkan di ayat 23 Tuhan berterus terang bahwa mereka melakukan pelayanan itu mengabaikan perintah Tuhan ( disregarding My commands/ Amplified Version) bahkan di bahasa aslinya bermakna " tidak legal/ tidak diotorisasi.."bahkan Tuhan katakan itu adalah kejahatan(ay.23). Mungkin banyak kita bertanya pak kenapa hal itu bisa terjadi..? Saya katakan itu bisa..!! karena apa yang disebut dalam ayat 22 ini adalah bagian dari yang namanya KARUNIA KARUNIA ROH..Karunia Roh ini bisa bergerak TANPA OTORISASI DARI PEMILIKNYA YAITU TUHAN..karena apa? Karena sewaktu Tuhan sudah memberi seseorang sesuatu TERMASUK KARUNIA ROH..Dia tidak dengan mudah mengambilnya kembali. Contoh : Saul saja yang DIKARUNIAKAN jabatan Raja, setelah ditegur keras oleh Tuhan dan diberitahu tentang nasibnya sebagai Raja di 1 Samuel 13:13-14..DIIJINKAN tetap memerintah ISRAEL sampai beberapa tahun kedepan.. jadi bawalah semua pelayanan kita selalu ke atas MezbahNya agar kita tahu apakah Pelayanan kita berkenan atau tidak dihadapanNya.

3.(ayat 23). Tuhan tidak mengenali kita.
Hal yang paling mendasari kesalahan kesalahan di kedua point diatas adalah di ayat ini..Tuhan katakan bahwa "Ia tidak pernah mengenal kamu.." Kata mengenal disini dalam bahasa aslinya/ Yunani dipakai kata GINOSKO..Kata ini berarti juga " TO KNOW AND TO FEEL..kata ini mengekspresikan sebuah hubungan yang intim antara seorang laki dan perempuan..Tuhan mau kita punya hubungan denganNya seperti hubungan suami istri..bukan lagi sekedar TAHU tapi KENAL...bahkan Dia mau MENCICIPI HIDUP saudara dan saya...apakah Dia selalu dapat MENCICIPI YANG MANIS dari hidup kita atau yang Dia cicipi dari hidup kita adalah Kepahitan,Ketidaktaatan,Pemberontakan,Iri hati, Keraguan,Kemarahan dsbnya..??? Maka itu di ayat 20 Yesus katakan" Jadi dari BUAHNYALAH kamu akan mengenal mereka..."

Biarlah hidup kekristenan kita BERBUAH MANIS...dan buah hanya bisa dihasilkan dari sebuah KEINTIMAN/KESATUAN seperti Pohon dengan Buahnya..jika pohon kita adalah Tuhan seharusnyalah buah kita juga buah yang ILAHI, buah KEBENARAN..yang akan memampukan kita melakukan sesuatu yg Dia suka,yg Dia perintahkan...tanpa berlambat, dalam ketepatan, dan hanya untuk KEMULIAAN TUHAN YESUS saja..amin..

Dalam AnugerahNya yang makin besar bagiku,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar